Jeruji di atas karang
Jika ingin merasakan perasaan orang lain, jadilah orang yang bebas dalam kehidupan. Jangan hanya merasakan lewat konstitusi, karena manusia itu bebas pada hakikat pilihanya. Bukan terikat oleh apapun. Kebebasan manusia itu ada sejak lahir. Dan siapapun tidak bisa memutuskan untuk mengikat.
Jadilah seperti ombak, agar bisa merasakan kapal yang hanyut. Jadilah angin yang terus bergerak, meskipun tidak nampak oleh mata. Jangan menjadi ikan yang mengikuti arus sungai. Tidak ada suatu kebebasan yang dapat di beli. Tidak ada pilihan yang dapat di ikat. Hargai kebebasan setinggi-tingginya. Prioritaskan bebas sepenuhnya.
Hidup tidak akan sama dari waktu ke waktu, meskipun berulang kali memutar jam dinding. Menjadi api lebih baik dari air. Karena bisa mengubah apa yang kita lalui. Bukan menenggelamkan. Kehidupan memberi ruang bagi manusia untuk berkarya demi hidup. Dan waktu sebagai pengingat manusia akan kematian. Biarkan manusia mengikuti kata hatinya sampai titik bosan. Dan berakhir menjadi individu yang bermsyarakat.

Comments

Popular posts from this blog

Sayyid Ali Murtadho (Raden Santri) Gresik.

Makam Kanjeng Sepuh Sidayu