Si Kijang Kencana & Si Manis Jembatan Uang

Pada suatu negri kahyangan, terdapat kisah si manis jembatan kertas, ia dikenal orang santun, kalem, dari raut wajahnya seolah tanpa dosa. Suatu hari, si kijang berjalan di dekat taman, si kijang dikenal cerdik & cerdas, ia mampu melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda. Juga mampu membikin jebakan yang lebih pintar dari laba-laba, suati ketika ia bertemu dengan si manis. Si kijang menyapa dengan raut muka polos, "Hai".
Hai juga kijang, aku dengan kemaren kamu baru buat jebakan untuk si kancil yah. Selamat juga yah, karena berkat kamu, uang rakyat bisa diselamatkan.." kata si manis, "oh iya, itu sudah menjadi kewajibanku, meskipun aku bukan polisi, tapi aku tidak suka ada satwa yang culas & licik membodohi satwa lain." kata kijang.
Satu dasawarsa setelah itu, usut punya usut, ada permasalahan lagi dihutan, uang satwa diambil, jumlahnya setara 1 ton emas batangan. Dengan cepat & lihay, si kijang segera menyelidik siapa dibalik itu semua, toh semua kancil sudah ia "kurungkan".
Dengan dibantu kijang yang lain, ia membuat semacam penelitian, siapa yang tega bermandi uang ditengah mahalnya sembako satwa. Ternyata, setelah 1 gerhana rencana kijang berjalan, tercium bau2 si manis yang bermain "itu". Singkat cerita, data & fakta sudah lengkapnih di tangan si kijang, lalu ia berencana menjebak si manis untuk masuk perangkapnya. Semua jebakan alternatif sudah disiapkan agar si manis tidak lolos, usut punya usut ternyata si kijang lewat dengan jembatan uang melintasi jebakan itu. Si kijang kaget, " waw, pintar juga akting si manis itu". Lantas si kijang tak habis akal, dengan memanfaatkan media massa, si kijang mengajak satwa lain untuk turut menangkap di manis. Singkat cerita, akhirnya si manispun terkurung deh di "kurungan" dan satwa hutanpun bahagia.

Comments

Popular posts from this blog

Sayyid Ali Murtadho (Raden Santri) Gresik.

Makam Kanjeng Sepuh Sidayu